Breaking News

Cara Menghitung BMI Paling Benar

Hampir semua orang tentu ingin memiliki bentuk tubuh yang proposional. Tidak hanya dari berat badan saja, untuk mengetabuhi apakah tubuh anda sudah ideal atau tidak bisa dilakukan dengan cara yang tepat, yakni dihitung BMI. Lalu bagaimana cara menghitung BMI yang benar?

sehat24.com

BMI sendiri merupakan singkatan dari Body Mass Index, yakni perhitungan kalkulasi yang didasarkan pada dua hal, yaitu berat dan juga tinggi badan. BMI calculator merupakan salah satu metode perhitungan yang paling mudah untuk mengetahui informasi dasar tentang proporsi tubuh anda.

Angka yang ditunjukkan pada BMI akan menjadi pertimbangan, apakah proporsi dari tubuh anda sudah seimbang atau belum. Tetapi jika angka yang ditunjukkan ternyata lebih dari batas normal, maka artinya proporsi tubuh anda berlebihan. Dan begitu pula sebaliknya.

Dengan melakukan perhitungan menggunakan BMI calculator ini, anda akan mengetahui bagaimana cara yang benar menghitung berat badan ideal. Metrik ini dapat menjadi acuan awal untuk memperkirakan apakah anda adalah golongan berat badan yang sehat atau tidak.

Secara umum, perhitungan menggunakan BMI ini hanya boleh digunakan bagi orang-orang dewasa. Sedangkan bagi anda yang sedang hamil atau menyusui sebaiknya tidak bergantung pada perhitungan BMI ini.

Selanjutnya, setelah anda mengetahui angka BMI yang keluar, hindari untuk melakukan tindakan sendiri dan selalu konsultasikan hanya kepada ahlinya seperti dokter gizi.

Rumus perhitungan BMI

BMI dihitung sebagai berat tubuh dalam hitungan kilogram, lalu dibagi dengan kuadrat tinggi tubuh dalam hitungan meter. Sehingga rumus BMI dapat disimpulkan berikut BMI = kg/m2. Contohnya seperti anda memiliki berat badan 70 kg dan tinggi badan 1,6 m aatu 160 cm, maka perhitungan BMI-nya adalah:

BMI = 70 kg / (1,6 x 1,6) = 27,34

Kemudian angka yang dihasilkan dari perhitungan BMI calculator tersebut dapat dicocokkan dengan kategori di bawah ini. Apakah kamu termasuk normal, kurus, kegemukan atau obesitas. Perbedaan kategori BMI untuk pria dan wanita dibedakan sebagai berikut:

  • BMI untuk pria
  • Kurus; < 18
  • Normal; 18 – 25
  • Kegemukan; 25-27
  • Obesitas; > 27
  • BMI untuk wanita
  • Kurus; <17
  • Normal; 17 – 23
  • Kegemukan; 23 – 27
  • Obesitas; > 27

Perlu anda ketahui bahwa semakin tinggi angka yang dihasilkan dari BMI, maka resiko anda terkena obesitas juga semakin tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *