Breaking News

Yuk, Mengenal Bipolar Disorder Lebih Dalam!

Para pembaca Kampus Psikologi pasti pernah mendengar tentang penyakit Bipolar Disorder / Bipolar Disease. Penyakit yang satu ini memang berhubungan erat dengan kondisi mental seseorang, yang kerap dikaitkan dengan perubahan mood secara ekstrim dalam waktu yang cukup dekat. Yuk mengenal penyakit mental yang satu ini!

Kampus Psikologi

kampus psikologi

Mengenal Penyakit Bipolar Lebih Dalam

Bipolar berasal dari kata “bi” yang berarti ganda, sedangkan “polar” artinya kutub. Penyakit bipolar diartikan sebagai penyakit yang menyebabkan seseorang memiliki kutub ganda dalam masalah kepribadian. Berikut ini gejala bipolar menurut Kampus Psikologi :

  1. Seseorang akan mengalami perubahan perilaku yang berbeda dari waktu ke waktu
  2. Ketika berbicara, seseorang akan melakukannya dengan cepat seperti dikejar waktu, dan kurang seperti orang normal
  3. Pada suatu waktu, mereka bisa sangat percaya diri dan bahkan membanggakan diri secara berlebihan
  4. Ketika sudah waktunya tidur, mereka kurang mengalami minat secara alami untuk tidur dan menunggu kehabisan energi untuk melakukannya
  5. Tidak mengalami peningkatan nafsu makan, dan cenderung mengalami penurunan
  6. Sering merasakan perasaan sedih serta putus asa, mereka juga sering melamun jika mengalami kondisi depresi
  7. Ketika berada dalam fase penurunan gairah, bisa seharian tidak melakukan apa-apa seperti kehilangan energi
  8. Merasa dirinya kurang berguna dan bahkan tidak berharga
  9. Sering merasa pesimis

Dan masih ada banyak lagi gejala dari penyakit ini. Pada penderita bipolar, biasanya perubahan fase terjadi secara tidak normal dan bahkan menjadi suatu periode. Yang lebih berbahaya, seseorang dengan penyakit ini bisa saja mencari pelampiasan seperti pada obat terlarang untuk senantiasa merasa riang.

Penyebab dari gangguan bipolar ini cukup beragam. Ada yang karena faktor genetik serta hormonal, ada juga yang disebabkan oleh kejadian tertentu. Seseorang bisa mengalami penyakit ini bahkan karena efek trauma yang dialaminya dalam waktu dekat atau ketika masih kecil sekalipun.

Itulah berbagai hal yang perlu kamu ketahui mengenai penyakit bipolar. Jangan lupa untuk selalu membaca artikel Kampus Psikologi terkait kesehatan mental lainnya ya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *